5 Top Komoditi Ekspor di Indonesia yang Bisa Jadi Bisnis Unggulan

Kegiatan ekspor memberikan dampak yang positif bagi suatu negara. Sebab aktivitas perdagangan antar negara tersebut bisa menyumbang cadangan devisa untuk membantu perekonomian negara. Indonesia sendiri memiliki sejumlah produk ekspor yang cukup potensial dengan pemasaran tinggi. Daftar tersebut termasuk ke dalam top komoditi ekspor di Indonesia yang cukup menjanjikan.

5 Top Komoditi Ekspor di Indonesia

Pada dasarnya, Indonesia memiliki cukup banyak komoditas yang bisa diekspor. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa top komoditi ekspor di Indonesia yang perlu Anda ketahui:

1. Minyak Kelapa Sawit

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia dikenal sebagai salah satu produsen kelapa sawit terbesar di dunia. Maka dari itu wajar jika komoditas produk Kelapa Sawit kerap menjadi komoditas ekspor utama Indonesia.

Dikutip dari laman Kompas, sepanjang tahun 2020 lalu minyak kelapa sawit menjadi komoditas produk ekspor non-migas terbesar. Nilai transaksinya pun mencapai US$20,72 miliar atau setara dengan ±Rp297 triliun. Negara tujuan utama ekspor minyak kelapa sawit antara lain adalah India, China, Singapura, Vietnam, dan lain sebagainya.

2. Udang

Sebagai negara maritim, Indonesia mempunyai produk hasil laut yang terbilang cukup melimpah. Salah satunya adalah udang. Komoditas ini bahkan menjadi salah satu produk utama ekspor Indonesia.

Menurut data yang disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor udang dan perikanan mencapai US$3,61 miliar atau setara dengan ±Rp52 Triliun sepanjang tahun 2020. Tujuan utama ekspor udang ini antara lain adalah Jepang, Hongkong, China, Singapura, Belgia, Inggris, dan lain sebagainya.

3. Komoditas Kakao 

Kakao merupakan komoditas agro yang bisa digunakan sebagai bahan pembuatan coklat. Peminat coklat yang tinggi membuat kakao menjadi salah satu komoditas ekspor yang sangat menjanjikan. Terlebih iklim di Indonesia sangat cocok untuk mengembangkan tanaman Kakao.

Meskipun mengalami fluktuasi, namun jumlah ekspor kakao Indonesia masih terbilang cukup tinggi. Berdasarkan data yang bersumber dari Badan Pusat Statistik, pada tahun 2019 lalu jumlah ekspor kakao Indonesia senilai US$ 1,2 miliar atau setara dengan ±Rp17,2 Triliun.

4. Kopi

Salah satu produk agro dengan potensi ekspor sangat besar adalah kopi. Memiliki wilayah dengan iklim tropis membuat Indonesia sangat cocok untuk pengembangan kopi. Bahkan kopi menjadi salah satu komoditas ekspor yang utama dari Indonesia.

Menurut data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor kopi Indonesia pada tahun 2020 mencapai nilai US$809,2 juta atau setara dengan ±Rp12 Triliun. Beberapa jenis kopi yang dijadikan sebagai komoditas ekspor diantaranya adalah Robusta, Arabika, dan juga olahan lain semisal kopi luwak.

5. Produk Rempah-rempah

Indonesia termasuk sebagai penghasil rempah-rempah terbesar di dunia. Sehingga tidak mengherankan kalau rempah-rempah juga menjadi komoditas ekspor utama. Terlebih permintaan terhadap rempah-rempah terbilang sangat tinggi di pasaran global.

Berdasarkan laporan data yang disampaikan Badan Pusat Statistik, total ekspor rempah-rempah ke mancanegara mencapai 275,3 ribu ton pada tahun 2020. Jumlah tersebut setara dengan nilai US$ 618,4 juta atau setara dengan ±Rp8,9 Triliun.

Indonesia memiliki cukup banyak komoditas yang berpotensi untuk diekspor. Bagi yang tertarik menekuni bisnis ekspor namun bingung memilih jasa logistik, Prima International Cargo adalah solusi untuk permasalahan Anda.

Prima International Cargo (Prima Cargo) merupakan perusahaan Freight Forwarding berpengalaman yang memiliki jaringan luas di mancanegara. Jaringan lebih dari 115 negara akan membuat proses ekspor-impor Anda pun menjadi semakin nyaman dan lancar.

Jadi tunggu apa lagi? Hubungi Prima Logistics sekarang juga di primacargo.co.id atau via Instagram @prima.logistic dan dapatkan penawaran terbaik untuk Anda. Prima International Logistics solusi untuk kebutuhan ekspor produk yang Anda miliki.

Itulah beberapa daftar top komoditi ekspor di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Berangkat dari ulasan tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi kalau ingin mencari tahu produk-produk potensial untuk kebutuhan ekspor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 2 =