Apa Itu Custom Clearance di Bea Cukai

Dalam proses ekspor dan impor, Anda perlu memahami berbagai macam istilah dan aktivitasnya salah satu CustomClearance. Apa itu Custom Clearance? Simak penjelasan terkait pengertian dan tahap-tahapan yang ada di dalamnya dalam ulasan berikut ini. 

Apa itu Custom Clearance

Apa Itu Custom Clearance?

Di Indonesia sendiri, CustomClearance dikenal dengan sebutan prosedur penerimaan barang impor. Istilah ini memang sangat umum digunakan pada kegiatan ekspor dan impor.

CustomClearance dikenal sebagai proses administrasi baik itu pengeluaran maupun pengiriman barang dari area wilayah muat maupun bongkar dan berhubungan dengan Pabean atau sebuah administrasi pemerintah. 

Singkatnya CustomClearance Adalah prosedur administrasi barang yang akan diterimanya dari luar negeri dengan proses Bea Cukai.

Yang mana dalam kegiatan logistik, CustomClearance berperan sebagai sebuah pemenuhan kewajiban kepabeanan dibidang ekspor dan impor.

CustomClearance akan dibebankan biaya pajak oleh Bea Cukai beserta pajak lain, terkecuali jika hukum barang diterimanya bebas dari pajak bea cukai.

Di dalam UU Indonesia sendiri, CustomClearance telah diatur, tepatnya pada Undang-Undang Kepabeanan Nomor 10 tahun 1995, di sini menyatakan bahwasannya sebuah UU yang mengatur kepabeanan  beserta peraturan custom clearance ini.

3 Tahapan Proses

Dalam proses Custom Clearance terdapat beberapa tahapan hingga akhirnya Custom Clearance dapat berhasil dilakukan. Di antara ketiga tahapan ini yakni sebagai berikut:

Pre-Clearance

Pre-Clearance merupakan tahap paling awal dari proses Custom Clearance. Pre-Clearance sendiri adalah proses administrasi awal dalam pelaksanaan Custom Clearance. 

Pre-Clearance meliputi pada hal yang ada di dalam aktivitas impor barang logistic yakni legalitas dan lartas. 

Di sini perusahaan atau pengguna layanan logistic memiliki kewajiban untuk melakukan registrasi kepabeanan. 

Selain itu dalam tahap Pre-Clearance terdapat pengurusan perizinan yang berkaitan mengenai produk  yang akan diimpor, khususnya pada barang-barang tertentu. 

Clearance

Setelah melewati tahap Pre-Clearance, di sinilah Clearance sebagai tahap administrasi kedua dilaksanakan. 

Di dalam tahap Cleanser terdapat beberapa hal di dalamnya mulai dari pemberitahuan pabean, pembayaran pajak, hingga pengeluaran barang. Setidaknya di bawah ini merupakan proses detail di tahap Clearance:

  • Membuat pemberitahuan pabean dan mengirim data ke bea Cukai
  • Melakukan pembayaran Bea masuk dan pajak dalam rangka impor
  • Melakukan pemeriksaan fisik barang
  • Memeriksa dokumen
  • Melakukan pengambilan sampel barang sebagai tindak pemeriksaan secara fisik atau uji laboratorium
  • Pengeluaran barang.

Setidaknya dalam 30 hari, petugas bea cukai akan melakukan pemeriksa dokumen yang diajukan memerlukan pemeriksaan.

Sebelumnya, Di dalam tahap ini terdapat tiga jalur pelayanan di antaranya jalur merah, jalur kuning, dan juga jalur hijau. Namun berdasarkan Perdirjen Bea Cukai No. PER-02/BC/2022 tanggal 21 April 2022. Dalam beleid itu, menegaskan juga bahwa tidak ada lagi penetapan jalur kuning dalam pemeriksaan fisik barang impor, tetapi hanya dua kategori jalur yakni, Jalur Merah dan Hijau yang diberlakukan semenjak 25 April 2022

Post Clearance

Post Clearance merupakan tahap terakhir setelah melewati tahap-tahap di atas. Di dalam tahap Post Clearance terdapat dua hal penting di antaranya audit kepabeanan dan penelitian ulang.

Di bagian ini, audit kepabeanan ataupun penelitian ulang akan menghasilkan sebuah tagihan yang disebut dengan penetapan pabean.

Penetapan ini menjadi dasar dari penerbitan billing yang wajib diselesaikan oleh perusahaan.

Penetapan  yang dimaksud dapat berbentuk SPTNP, SPP ataupun SPSA yang berdasarkan pada temuan yang dihasilkan.

Setidaknya itulah beberapa tahapan yang terjadi dalam proses Clearance.  Dengan begitu proses ini dapat terselesaikan.

Apa itu Custom Clearance penting? Tentu saja sangat penting untuk penyaluran barang logistic kepada para pelaku bisnis usaha maupun masyarakat yang membutuhkan barang-barang yang berasal dari proses logistik. Jika Anda mencari perusahaan yang bekerja di bidang logistik anda dapat menggunakan jasa Prima Cargo.  PT Prima International Cargo ini juga akan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya, dan memberikan kemudahan dalam melakukan pengiriman barang domestik maupun internasional. Kunjungi website kami untuk memudahkan Anda dapat cek layanan kami di primacargo.co.id cek juga sosial media kami di @primacargo.id.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − five =