Apa saja produk impor Jerman ke Indonesia?

Jerman merupakan salah satu negara dari banyaknya negara yang melakukan pengiriman barang ke Indonesia. Hubungan antara keduanya cukup penting, hal ini terbukti dengan kabar terbaru perjanjian imbal perdagangan. Lantas, apa saja produk impor Jerman ke Indonesia?

Produk impor Jerman

Mau tahu? Simak penjelasannya di sini!

Produk impor Jerman ke Indonesia

Jerman merupakan salah satu komoditi terbesar dari Eropa di Indonesia, sama halnya dengan Negara Jepang. Jerman pun telah mengirimkan banyak produk ke Indonesia. Diantara produk-produk yang diimpor oleh Jerman ke Indonesia di antaranya:

  • Mesin Industri

Mesin industri di Indonesia memang dikenal sebagai mesin yang paling banyak diimpor oleh luar negeri, bukan hanya jepang tetapi juga Jerman.

Pasokan impor di Indonesia dari Jerman berupa mesin industri ini berjumlah senilai US$ 208,02 juta. Ini memang bukan jumlah yang sedikit.

  • Bahan Kimia

Industri kimia di Indonesia memiliki ketergantungan oleh bahan baku impor dari berbagai luar negeri, termasuk Jerman. Jerman sendiri telah mengirimkan bahan kimia ke Indonesia dengan senilai US$ 144,02 juta.

  • Alat Pengobatan

Selain itu angka tertinggi barang impor Jerman yang ada di Indonesia adalah alat pengobatan dan perlengkapannya. Di mana Jerman mengirimkan barang alat pengobatan dan perlengkapannya ini senilai US$ 115,61 juta.

Selain dari pada ketiga komoditi tersebut, adapun barang impor Jerman ke Indonesia yakni kendaraan bermotor, kendaraan pengangkut, packaging, perkapalan, alat komunikasi, logam besi, baja alumunium, produk metal hingga pupuk.

Umumnya barang-barang impor Jerman di Indonesia ini memang berupa barang manufaktur. 

Nilai impor Indonesia dari Uni Eropa yang mulanya US$ 11,1 miliar kini bertambah 9%, hal ini disebabkan oleh adanya impor terbesar dari Jerman.

Menurut data Badan Pusat Statistik—BPS, nilai impor Indonesia dari negara Jerman telah mencapai angka US$ 3,19 miliar.

Kemudian dengan seiring perkembangan dan pertumbuhannya angka tersebut bertambah hingga 5,41% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya senilai US$ 3,02 miliar. 

Dari nilai tersebut porsinya mencapai angka 28,73% dari jumlah total impor Indonesia dari Uni Eropa dan mencapai angka 2,14% dari total impor Indonesia sepanjang tahun lalu.

Kesimpulannya, dengan bukti data-data di atas, negara Jerman ini memang memiliki peranan besar sebagai pengekspor barang ke Indonesia. 


Hubungan Perekonomian Jerman dan Indonesia

Hubungan kerja sama antara Republik Indonesia dan Federal Jerman memang sudah dilakukan sejak lama. sejak tahun 2012, dua negara ini menjadi mitra hubungan bilateral khususnya kerja sama ekonomi.

Prioritas hubungan bilateral ini difaktori oleh dimensi dan cakupan kerjasama ekonomi Indonesia dan Jerman yang bersifat multidimensi sehingga tidak hanya terfokus pada perdagangan dan investasi saja. Di sektor perdagangan Jerman menjadi salah satu mitra dagang utama bagi Indonesia.

Sayangnya sejak tiga tahun terakhir, hubungannya ini menurun hingga minus 9,43 persen (2021).

Dengan adanya penurunan ini tidak menjadi penghambat pada kedua belah pihak tersebut untuk melanjutkan program imbal dagang, hal ini terbukti dengan Indonesia dan Jerman yang menandatangani perjanjian timbal balik ini, berharap bisa meningkatkan kembali nilai ekspor ke dan dari Jerman.

Nah, jika Anda tertarik dengan bisnis impor barang Jerman, tentunya Anda harus siap dan bertekad untuk menjalankannya dengan sungguh-sungguh, salah satunya dengan mencari jasa cargo impor-ekspor terpercaya.

Prima Cargo merupakan salah satu perusahaan cargo terbesar dan terpercaya. Jika Anda mulai berbisnis produk yang impor Jerman ke Indonesia, Anda bisa menggunakan jasanya, cek layanan kami di primacargo.co.id cek juga sosial media kami di @primacargo.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − two =