Barang Komoditi Impor China yang Didatangkan dari Indonesia

Mungkin sudah banyak diantara Anda yang mengetahui bahwa China termasuk negara dengan kekuatan ekonomi cukup besar. Meskipun demikian, mereka tetap mendatangkan sejumlah komoditas barang impor untuk kebutuhan dalam negeri. Secara umum terdapat cukup banyak jenis barang komoditi impor China yang mereka datangkan dari luar negeri, termasuk Indonesia.

Jumlah penduduknya yang besar, membuat China sedikit mengalami kendala dalam memenuhi kebutuhan dalam negerinya. Maka dari itu, wajar jika mereka pun kerap melakukan impor pada produk-produk vital untuk kebutuhan dalam negeri. Sehingga potensi melakukan ekspor ke China pun masih sangat terbuka lebar.

Barang Komoditi Impor China

Photo by Maria Orlova from Pexels

Barang Komoditi Impor China yang Berasal dari Indonesia

Bagi Anda yang ingin menekuni bisnis ekspor impor, berikut adalah beberapa barang komoditi impor China yang bisa disediakan oleh Indonesia:

1. Minyak Kelapa Sawit

Indonesia dikenal sebagai produsen minyak kelapa sawit  terbesar kedua setelah Malaysia. Bahkan produk ini menjadi salah satu komoditas non migas dengan nilai ekspor tertinggi pada tahun 2020 yang lalu.

China menjadi salah satu negara pengimpor minyak kelapa sawit terbesar dari Indonesia. Negara Tirai Bambu itu mengimpor minyak kelapa sawit untuk berbagai keperluan. Mulai dari digunakan untuk membuat minyak nabati hingga kebutuhan lainnya.

2. Udang  

China juga termasuk salah satu negara pengimpor udang terbesar dari Indonesia. Tingkat konsumsi udang dan seafood di China relatif cukup tinggi. Hal ini membuat China menjadi salah satu tujuan ekspor produk laut dari Indonesia termasuk jenis udang.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik, ekspor udang Indonesia pada tahun 2020 yang lalu menyentuh nilai US$ 3,52 miliar. Beberapa negara yang menjadi tujuan utama ekspor udang Indonesia ini antara lain Singapura, Malaysia, Jepang, dan juga China.

3. Produk Komponen Otomotif

Meskipun China sudah memiliki produsen otomotif, namun salah satu barang komoditi impor China yang didatangkan dari Indonesia adalah komponen otomotif. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa beberapa produsen otomotif memiliki pusat produksi di Indonesia. Sebut saja misalnya Suzuki, Nissan, Daihatsu, dan bahkan juga BMW.

Kebutuhan untuk memenuhi suku cadang di dalam negeri telah membuat China harus mengimpor komponen-komponen tersebut dari Indonesia. Tujuannya adalah untuk menjaga kualitas dari kendaraan-kendaraan lokal di Negara tersebut agar tetap mendapat suku cadang terbaik.

4. Kopi Berkualitas

China juga termasuk salah satu pengimpor kopi dari Indonesia. Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia termasuk negara produsen kopi terbaik di dunia. Maka dari itu tidak mengherankan apabila banyak negara yang berminat dengan produk kopi dari Indonesia. 

5. Gas Alam

Wilayahnya yang luas dan penduduknya yang banyak membuat China membutuhkan banyak bahan bakar untuk pembangkit listrik. Salah satunya adalah Gas alam. Komoditas ini menjadi salah satu produk migas yang diimpor oleh China untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri mereka. Indonesia termasuk salah satu penyuplai gas alam ke China .

Meskipun sudah termasuk negara maju di Asia, namun China tetap membutuhkan banyak komoditas impor. Bagi Anda yang tertarik dengan peluang bisnis ekspor impor ke China, tentu membutuhkan jasa pengiriman yang terbaik dan berkualitas.

Prima International Cargo adalah solusi tepat untuk kebutuhan ekspor dan impor. Prima International Cargo atau yang dikenal dengan Prima Cargo adalah perusahaan Freight Forwarding yang melayani jasa kebutuhan ekspor impor dengan jaringan hingga 115 Negara. 

Jadi tunggu apa lagi, hubungi www.primacargo.co.id sekarang juga dan dapatkan penawaran terbaiknya untuk Anda. Menggunakan  Prima International Cargo, Anda pun sudah bisa mengirimkan barang komoditi impor China secara mudah dan optimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + sixteen =