Industri Garmen dan Kebutuhan Logistiknya

Industri garmen merupakan perusahaan pakaian dan tekstil dengan skala besar. Di Indonesia, industri garmen merupakan salah satu industri yang berkembang dengan sangat pesat. Di mana dalam  industri ini terdapat proses produksi pakaian jadi atau tekstil secara masal. 

industri garmen

Dengan produk yang dimuat dengan skala besar, maka dibutuhkan perusahaan logistik dalam mengelola ketersediaan produksinya. Tugas dan aktivitas perusahaan logistik merupakan solusi yang utama dalam meningkatkan efisiensi terhadap operasinya.

Industri Garmen Membutuhkan 3 Solusi dari Manajemen Logistik

Dalam mengefisienkan dan mengoptimalkan distribusinya, sebuah perusahaan industri setidaknya membutuh 3 solusi dari manajemen logistik diantaranya sebagai berikut:

  • Perencanaan dan Pemenuhan Kebutuhan

Solusi pertama dari manajemen logistik ialah terkait perencanaan dan pemenuhan kebutuhan dari program industri. Dimana ini melibatkan beberapa aktivitas mulai dari analisa produk, skala prioritas hingga ketersediaan produk.

Perencanaan ini pun harus dilakukan dengan melihat pada anggaran yang disediakan oleh perusahaan, ketersediaan serta kemudahan dalam mengakses suatu barang. Hal ini sangat penting bagi industri bidang garmen dalam melakukan strategi tepat terkait stok barang. 

  • Melaksanakan Efisiensi Ketersediaan Barang

Dalam meningkatkan keefisienan produksi barang perusahaan, maka logistik akan memastikan terkait kebutuhan pengadaan barang, apakah sesuai dengan anggaran yang dimiliki perusahaan atau tidak. Jika tidak ada kesesuaian mengenai biaya anggaran logistik maka perencanaan akan diubah.

Dengan anggaran yang tidak sesuai dan pengubahan rencana menjadi sulit, maka pihak manajemen logistik akan melakukan improvisasi untuk mengelola barang yang sesuai dengan budget.

  • Penyimpanan dan Penyaluran Barang

Ketika gudang di industri tidak cukup dengan ketersediaan barang, maka industri membutuhkan ruang penyimpanan tambahan. Disinilah logistik berperan sebagai tempat penyimpanan. 

Tujuan dari pengelolaan dan pemeliharaan ini adalah untuk memastikan produk barang yang disimpan tidak mudah rusak. Serta jika terdapat barang yang rusak akan dilakukan pemisahan barang, memperbaiki, hingga menggantinya dengan sesuai.

Selain dari menyimpan dan mengelola barang, perusahaan logistik akan memberikan solusi terkait penyaluran barang yang sesuai dengan permintaan atau mengirimnya ke alamat si peminta hingga sampai ke pelanggan. Pengiriman barang ini dilakukan dengan menyesuaikan SOP yang telah ditetapkan perusahaan.

  • Pengendalian Ketersediaan Barang

Agar ketersediaan barang yang dilakukan oleh perusahaan tidak berlebihan dengan jumlah permintaan, maka logistik akan melakukan pengendalian terhadap ketersediaan barang yang disimpan. Di mana perusahaan ini nantinya akan menghitung jumlah ketersediaan barang dan diinformasikan kepada perusahaan.

Selain itu, manajemen logistik akan melakukan pengendalian terhadap kegiatan-kegiatan di atas agar tidak mencapai pada batas permintaan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar sebuah industri tidak mengalami kerugian lebih banyak lagi.

Dengan keempat aktivitas manajemen logistik di atas, diharapkan dapat mengefisienkan pengelolaan dan ketersediaan barang yang sesuai dengan kebutuhan atau permintaan perusahaan dan konsumen. Dengan ini peran logistik sangat penting dalam perjalanan sebuah perusahaan.

Agar industri garmen berjalan dengan baik dibutuhkan pula jasa perusahaan logistik yang sudah ahli dan berpengalaman. Menemukan jasa logistik saat ini memang hal yang sangat mudah, namun tidak semua perusahaan logistik menjalankan tugasnya dengan baik. Jika Anda ragu dalam memilih perusahaan logistik terpercaya, Anda bisa menghubungi PT Prima Internasional Cargo yang memang sudah berpengalaman lebih banyak. Informasi lebih lanjutnya bisa Anda lihat di website resminya atau dengan mengunjungi tautan di bawah ini https://www.primacargo.co.id  cek juga akun sosial media kami di www.instagram.com/primacargo.id/.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + 7 =