Makanan Indonesia yang Diekspor ke Luar Negeri

Makanan Indonesia yang diekspor ke luar negeri memang cukup banyak. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki ribuan produk makanan dengan kualitas terbaik. Bahkan, produk tersebut sering disangka berasal dari pabrik luar negeri.

makanan Indonesia yang diekspor

6 Makanan Indonesia yang Diekspor ke Luar Negeri

Makanan khas Indonesia memang sangat identik dengan bumbu dan rempah-rempahnya. Maka dari itu, meski tampilan dari beberapa makanan ini terlihat tidak begitu menarik, namun rasanya tidak perlu diragukan lagi. Saking enaknya, sejumlah makanan asli Indonesia ini begitu terkenal hingga mancanegara. Penasaran apa saja makanan Indonesia yang diekspor ke luar negeri?

  • Indomie

Ketenaran dari Indomie ini memang tidak ada matinya, baik di dalam maupun luar negeri. Indomie bahkan menjadi salah satu produk mie instan yang paling disukai orang di luar negeri, karena memiliki cita rasa yang cukup unik. 

Beberapa produk Indomie yang dijual di luar negeri bahkan tidak langsung diimpor dari Indonesia. Sama seperti Indomie yang dijual di Eropa ini biasanya diproduksi di Belanda agar lebih menghemat ongkos kirimnya. 

  • Tempe

Salah satu lauk khas dari Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai dan sudah sangat populer di dunia adalah tempe. Bahkan, sejumlah negara yang sangat menyukai tempe adalah Jepang dan Inggris. Di London sendiri, Anda bisa menemukan tempat makan bernama Warung Tempeh. 

Warung Tempeh ini menjual berbagai makanan sehat, khususnya vegan. Sang pemilik yang bernama Will Mitchell mengaku terinspirasi nama warungnya tersebut setelah mencoba tempe khas dari Indonesia ini. 

  • Kacang Garuda

Makanan Indonesia yang diekspor ke luar negeri selanjutnya adalah kacang garuda. Kacang garuda ini bahkan sudah tersedia di beberapa toko Asia kecil, kota-kota kecil yang ada di Eropa dan Amerika. Kacang garuda ini dinilai memiliki cita rasa yang cukup unik dan berbeda dengan produk kacang yang diperjualbelikan di luar negeri. 

Oleh sebab itulah, mengapa banyak sekali orang yang suka dengan kacang garuda milik Indonesia ini. Bahkan, popularitasnya sama terkenalnya dengan Indomie. 

  • Rendang

Rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat yang rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebab, selama dua tahun berturut-turut, rendang berhasil terpilih sebagai 50 makanan terbaik menurut CNN. 

Meskipun rendang harus turun peringkat ke posisi 11, setelah tahun lalu menang. Namun, tidak ada seorangpun yang bisa menolak kelezatan dari rendang ini. Rasa rendang yang khas dengan keempukan dagingnya inilah yang menjadi faktor penentu utama kenikmatan rendang. 

  • Kecap Manis

Berbagai produk kecap manis ternyata juga laris di pasar luar negeri. Hal ini disebabkan karena biasanya kecap terbuat dari kacang kedelai yang memiliki rasa asin, sementara kecap manis ini bercita rasa manis. 

Kecap manis ini juga banyak digunakan orang luar negeri untuk membuat makanan Indonesia, salah satunya adalah nasi goreng. 

  • Daging Ayam

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), selama lima tahun terakhir (2016-2020) nilai ekspor daging ayam Indonesia tumbuh 16,9 persen per tahunnya. Pada Januari-Agustus 2021 pun nilai ekspor daging ayam Indonesia mencapai 999 ribu dolar AS.

Negara tujuan eskpor utama daging ayam Indonesia yaitu Singapura, Jepang, Malaysia dan Australia.

Dan inilah beberapa makanan Indonesia yang di ekspor dan menjadi makanan favorit di luar negeri. Nah, bagi Anda yang mungkin ingin mengirimkan makanan khas Indonesia ke saudara atau rekan yang berada di luar negeri bisa menggunakan jasa dari PT Prima International Cargo. PT Prima Internasional Cargo ini merupakan salah satu perusahaan Freight Forwarding yang memiliki jaringan cukup luas di seluruh wilayah Indonesia dan sudah ada di lebih dari 150 negara. Cek layanan kami di primacargo.co.id dan cek juga sosial media kami di @primacargo.id.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =