Mengenal Jenis Asuransi Ekspedisi Internasional

Dalam melakukan pengiriman barang, hal penting yang diprioritaskan adalah keamanan dan keselamatan barang. Terlebih apabila menggunakan ekspedisi untuk melakukan pengiriman barang secara internasional, anda harus memberikan perlindungan ekstra pada barang yang dikirim. Salah satu langkah terbaik untuk melindungi barang pada saat pengiriman yaitu mendaftarkan pada asuransi ekspedisi internasional.

Asuransi pengiriman akan meningkatkan perlindungan terhadap barang sehingga dapat terhindar dari kerugian. Namun, sebelum mendaftarkan barang Anda pada asuransi, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu fungsi dan manfaat secara lebih mendalam mengenai hal ini. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jenis asuransi yang dapat ditemukan pada jasa ekspedisi internasional.

Jenis Asuransi Ekspedisi Internasional

Asuransi pengiriman barang atau dikenal dengan Marine cargo insurance menyediakan pengcoveran resiko terhadap barang melalui suatu sarana pengangkutan/alat angkut baik darat, udara maupun laut.Asuransi yang ada pada ekspedisi internasional memiliki berbagai macam jenis. Biasanya jenis asuransi ini tergantung pada jenis layanan pengiriman yang digunakan. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah jenis asuransi yang umum ada pada ekspedisi internasional.

Asuransi Pengiriman Laut (Marine Cargo)

Pengiriman Jalur laut menjadi jalur terbanyak yang digunakan untuk pengiriman internasional. Barang-barang yang biasa dikirim pada umumnya diproteksi dengan asuransi pengiriman laut (marine cargo), misalnya komoditas pertambangan, elektronik, alat-alat berat, dsb. 

Pengiriman melalui jalur laut memiliki beberapa jenis asuransi yang dapat dipilih oleh pengirim barang. Berbagai macam asuransi tersebut dibedakan berdasarkan manfaat yang dapat diklaim oleh para pengirim barang. Jenis-jenis asuransi yang tersedia pada pengiriman lewat jalur laut adalah sebagai berikut. 

  1. Institute Cargo Clausa C (ICC C) merupakan salah satu jenis asuransi pengiriman laut yang meliputi jaminan akan kebakaran dan peledakan, kapal kandas atau tenggelam, permasalahan selama pengangkutan di darat, pembongkaran cargo di pelabuhan darurat,  terjadinya tabrakan alat pengangkut dan antar kapal, serta peristiwa penyelamatan umum.
  2. Institute Cargo Clausa B (ICC B) merupakan asuransi yang meliputi jaminan yang ada pada ICC C tetapi ditambah dengan jaminan akan risiko gempa bumi, petir, letusan gunung api, masuknya air ke dalam kapan, serta hilangnya koli barang pada saat dilakukan bongkar muat.
  3. Institute Cargo Clausa A (ICC A) yang meliputi jaminan dalam ICC C dan B, bahaya laut dan bahaya di laut, seta extraneous risk tetapi dengan pengecualian tertentu. 
  4. Total loss only yang merupakan asuransi yang diberikan apabila barang rusak sepenuhnya akibat alat angkut yang digunakan. 
Asuransi Pengiriman Udara (Air Cargo)

Asuransi ekspedisi internasional lewat udara merupakan asuransi yang memberikan proteksi barang kiriman apabila terjadi kerusakan pada saat pengiriman melalui udara. Asuransi jenis ini bahkan banyak digunakan oleh para eksportir dan importir sebagai pilihan terbaik dalam pengiriman internasional.

Pengiriman barang lewat jalur udara memang tidak memiliki banyak pilihan asuransi. Bahkan, satu-satunya jenis asuransi yang ada pada pengiriman udara untuk ekspedisi internasional adalah Air Cargo All Risk. Jenis asuransi ini diperuntukkan untuk kegiatan ekspor dan impor. 

Asuransi Pengiriman Darat (Good In Land Transit)

Asuransi pengiriman darat juga memiliki beberapa macamnya. Asuransi tersebut dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Land Transit Cover A yang menjamin kerugian barang akibat banjir, kebakaran, tergelincirnya alat angkut darat, tabrakan alat angkut, serta tenggelamnya kapal pada saat penyeberangan.
  2. Land Transit Cover B yang menjamin kerugian yang ada pada Land Transit Cover A ditambah dengan jaminan seluruh kerugian untuk pengangkutan darat terkecuali risiko-risiko yang masuk ke dalam pengecualian. 

Mengenal jenis asuransi ekspedisi internasional dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku pengiriman internasional. Hal tersebut karena barang yang berada dalam pengiriman bisa mendapatkan proteksi lebih sehingga terhindar dari kerugian. Oleh karena itu, selektivitas dibutuhkan dalam memilih jasa pengiriman yang  tepat dalam memilih berbagai perlindungan.

Prima International Cargo merupakan salah satu perusahaan pengiriman barang tertua di Indonesia yang berpengalaman di bidangnya. Jasa pengiriman ini juga dikenal secara luas dengan pelayanannya yang selalu mengedepankan keselamatan dan keamanan barang klien melalui asuransi yang diberikan. Tunggu apalagi? Segera kirim barang dengan aman dengan Prima International Cargo.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − seven =