Pelabuhan Internasional Indonesia untuk Kegiatan Ekspor dan Impor

Pelabuhan Internasional

Pelabuhan Internasional sangat berperan penting dalam kegiatan ekspor dan impor. Pelabuhan merupakan sarana prasarana vital bagi Indonesia untuk pertumbuhan perekonomian dan kemudahan aktivitas manusia untuk terhubung dari satu pulau ke pulau lain. Yuk, kenali lebih jauh peran pelabuhan di bawah ini!

Pengertian Pelabuhan Internasional 

Menurutkan pada peraturan Pemerintah Republik Indonesia, No.69 tahun 2001, Pelabuhan didefinisikan sebagai tempat yang terdiri dari daratan dan perairan di sekitarnya serta dilengkapi batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintahan dan ekonomi.
Pelabuhan berperan sebagai tempat kapal bersandar, berlabuh dan naik turunya penumpang maupun muatan barang yang dilengkapi dengan keselamatan pelayaran serta kegiatan lain yang menunjang pelabuhan. Pelabuhan juga biasa digunakan sebagai tempat perpindahan intra dan antar moda transportasi.

Pelabuhan sendiri memegang peran yang sangat penting dalam perdagangan internasional termasuk ekspor dan impor barang. Terlebih Indonesia merupakan negara yang kaya akan kepulauan yang membuat pelabuhan memiliki peran vital di dalamnya. Pelabuhan Indonesia memberikan sejuta manfaat untuk kemudahan dan kebutuhan masyarakat.

Pelabuhan Utama di Indonesia

Sebagai negara kepulauan, pelabuhan di Indonesia memiliki peran yang sangat vital dalam perekonomian tanah air.  Hadirnya pelabuhan yang memiliki fasilitas memadai berperan besar dalam menunjang mobilitas barang dan manusia. 

Pelabuhan menjadi salah satu infrastruktur transportasi laut dalam pertumbuhan industri dan perdagangan tanah air. Tak sampai di sana pelabuhan Indonesia menjadi segmen usaha dalam memberikan kontribusi untuk perekonomian serta pembangunan nasional. Hal ini karena pelabuhan menjadi bagian dari mata rantai dari sistem transportasi dan logistik.

Ada banyak sekali pelabuhan yang ada di Indonesia, namun terkait pelabuhan utama tempat layanan kegiatan ekspor dan impor di Indonesia masih terhitung oleh jari. 

Di mana ada 10 tempat pelabuhan utama yang dikhususkan untuk kegiatan ekspor di Indonesia antaranya Tanjung Priok, Tanjung Perak, Tanjung Emas, Bontang, Belawan, Dumai, Samarinda, Banjarmasin, Batu Ampar dan KotaBaru.

Begitu pula dengan pelabuhan utama kegiatan impor di Indonesia terdapat 10 tempat, di mana tempat pelabuhannya yang tidak jauh berbeda tempat ekspor yakni Tanjung Priok, Tanjung Perak, Tanjung Emas, Bontang, Belawan, Batu Ampar, Tuban, Cigading, Cilacap, dan Balikpapan. 

Keberadaaan 7 Pelabuhan Hub Internasional 

Selain dari pelabuhan utama yang ada di Indonesia, kini kabarnya Indonesia pun telah menetapkan 7 hub internasional atau pelabuhan yang menjadi penghubung secara internasional.  Hal ini dilakukan dengan tujuan harapan agar dapat memangkas ongkos logistik. Langkah penetapan ini dilakukan dengan tujuan mengganti singapore yang menjadi negara dengan pelabuhan alih muat atau istilahnya transhipment kargo ekspor yang berasal dari Indonesia.

Dengan adanya keberadaan hub internasional diharapkan dapat mempermudah ekspor Indonesia. Dimana ekspor RI dapat secara langsung ke Amerika Serikat—AS bahkan Eropa.

Adapun 7 pelabuhan penghubung yang ditetapkannya antaranya Belawan atau Kuala Tanjung Sumatera, Tanjung Priok Sumatera, Tanjung Perak Jawa Timur, Kijing Kalimantan Barat, Bitung Sulawesi Utara, Makassar Sulawesi Selatan serta Sorong Papua Barat.

Dengan adanya layanan pelabuhan internasional penghubung atau hub internasional, diharapkan kegiatan ekspor dan impor menjadi lebih mudah.

Nah jika Anda ingin mendapatkan pelayanan ekspor dan impor  secara mudah, maka Prima International Cargo bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda. Prima Cargo akan membantu kegiatan ekspor dan impor secara mudah. Hubungi Prima Cargo dengan mengunjungi tautan berikut primacargo.co.id cek juga media sosial kami di @primacargo.id 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 − 2 =