Pengertian Kurs Beli dan Kurs Jual dan Cara Mengetahuinya

Pengertian kurs beli dan kurs jual

Walaupun umum digunakan untuk transaksi internasional. Namun, ada sebagian masyarakat yang tidak awam dengan pengertian kurs beli dan kurs jual. Mungkin juga, karena jarang berinteraksi dengan mata uang asing dan transaksinya. 

Jika Anda pernah mencoba menukar mata uang asing dengan mata uang rupiah. Anda membawa mata uang asli tersebut pada bank atau penyedia jasa money changer. Pada penyedia jasa seperti ini ada istilah kurs beli dan juga kurs jual. 

Ternyata nilai dari mata uang tersebut berubah-ubah karena adanya perubahan nilai kurs tersebut. Berikut akan dibahas selengkapnya mengenai pengertian dan cara mengetahui nilai kurs mata uang asing. 

Pengertian Kurs Beli dan Kurs Jual 

Dalam pertukaran mata uang asli ada tiga kurs yang berlaku sebagai pertimbangan. Pertama, adalah kurs jual, kedua, kurs beli dan yang ketiga adalah kurs tengah. Sebenarnya, semua pentingnya dalam transaksi mata uang asing. 

Namun yang paling berpengaruh biasanya adalah kurs beli dan kurs jual. Karena, kurs ini menjadi patokan langsung pertukaran mata uang asli yang dilakukan. Berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai kedua kurs tersebut. 

1. Pengertian Kurs Jual 

Pengertian pertama yang akan dibahas adalah Kurs Jual. Kurs ini digunakan jika arah pertukaran dari arah bank atau money changer. Jadi, money changer atau pihak bank menjual uang asing kepada masyarakat. 

Kurs inilah yang menjadi nilai pertukaran, jika masyarakat ingin menukar mata uang lokal dengan mata uang asing. Misalnya, jika Anda ingin menukar rupiah menjadi dollar, maka dianggap pihak bank atau money changer lah yang menjual mata uang asing tersebut. 

Karena itu, nilai yang berlaku pada saat pertukaran adalah kurs jual. Anda harus menyerahkan uang sejumlah kurs jual untuk mendapatkan nilai tertentu. 

2. Pengertian Kurs Beli 

Pembahasan selanjutnya adalah mengenai kurs beli. Secara sederhana, pengertian dari kurs ini adalah kebalikan dari kurs jual. Kurs ini dilihat dari sisi masyarakat yang ingin menjual mata uang asing. 

Kemudian, pihak bank atau money changer akan menjadi pihak yang membeli mata uang asing tersebut. Misalnya, Anda memiliki dollar dalam jumlah tertentu. Kemudian, Anda menukarnya dengan rupiah. 

Maka, nilai yang berlaku adalah nilai kurs beli. Anda akan mendapatkan pertukaran sesuai dengan nilai kurs beli yang berlaku pada saat itu. 

Cara Mengetahui Nilai Kurs Jual Maupun Kurs Beli 

Nilai dari kurs jual maupun kurs beli ini berubah-ubah. Karena nilainya dipengaruhi oleh kondisi pasar internasional. Untuk mengetahui perkembangan nilai kurs, Anda bisa mengandalkan berbagai sumber informasi. Berikut adalah cara untuk mengetahui informasi ini. 

1. Lakukan Pencarian di Internet 

Internet adalah menjadi sumber dengan akses paling cepat. Untuk Anda mendapatkan informasi mengenai nilai mata uang asing yang sedang berlaku. Anda bisa menggunakan mesin pencairan kemudian mengetikan kata kunci. 

Kata kunci yang sering kali digunakan adalah ‘Kurs Mata Uang Asing Hari Ini’. Maka, Informasi akan tertera pada hasil pencarian. 

2. Cara Informasi dari Website Bank Resmi 

Website resmi dari bank yang melayani pertukaran valuta asing pastinya harus mengupdate nilai mata uang asing dan kurs secara aktif. Karena itu, Anda bisa mendapatkan informasinya pada website bank resmi pula. Biasanya, informasi di website bank ini diupdate secara real time. Jadi, Anda tidak akan ketinggalan informasi. 

Itulah pengertian kurs beli dan kurs jual serta cara untuk mengetahui informasinya. Lakukan pertukaran valuta asing terpercaya dengan nilai kurs yang bersaing via PT. Prima International Cargo untuk transaksi yang terpercaya. Cek juga layanan kami di primacargo.co.id cek juga media sosial kami di @primacargo.id 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − five =