Inilah Perbedaan Pelabuhan Internasional Hub dan Internasional

Perbedaan Pelabuhan Internasional Hub dan Internasional

Pelabuhan sendiri terdiri dari beberapa bagian,  mulai dari pelabuhan lokal, regional, nasional, pelabuhan internasional hub dan pelabuhan internasional.  Sekilas dari namanya ke dua pelabuhan tersebut memiliki peran sama, akan tetapi keduanya memiliki perbedaan signifikan. Lantas apa perbedaannya?

Lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini!

Pengertian Pelabuhan Internasional Hub

Adalah pelabuhan utama yang bersifat Primer, di mana fungsinya adalah melayani kegiatan dan alih muatan angkutan laut baik secara nasional maupun internasional dengan jumlah besar dan jangkauan pelayaran yang sangat luas serta sebagai simpul jaringan transportasi laut internasional.

Perlu digaris bawahi bahwasannya pelabuhan internasional hub lebih luas dibandingkan dengan jenis pelabuhan lainnya. 

Pengertian Pelabuhan Internasional

Sementara itu, pelabuhan ini merupakan pelabuhan utama yang bersifat sekunder. Sama halnya dengan pelabuhan internasional hub di mana memiliki fungsi dan peranan dalam melayani kegiatan dan alih muatan angkutan laut nasional dan internasional dalam jumlah besar dan jangkauan pelayanan yang luas. 

Pelabuhan ini juga berfungsi sebagai simpul jaringan transportasi laut internasional. Namun jangkauan yang dimiliki lebih rendah.

Jadi Apa Perbedaannya?

Dilihat dari pengertiannya, Anda mungkin beranggapan keduanya merupakan hal yang sama.  tapi jika diteliti secara detail, keduanya adalah berbeda. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pelabuhan internasional hub memiliki jangkauan yang sangat luas, lebih luas dibandingkan dengan jangkauan pelabuhan internasional. 

Bahkan pemerintah telah menetapkan setidaknya 7 pelabuhan internasional hub. Dimana penetapan pelabuhan internasional hub bertujuan untuk mempersingkat biaya kargo logistik dan menghemat biaya serta waktu dalam melakukan ekspor dan impor.

Fungsi-fungsi Pelabuhan

Sedikitnya pelabuhan di Indonesia memiliki 4 fungsi yang  mana diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Berperan Sebagai Gateway

Fungsi pertama dari pelabuhan adalah sebagai gateway atau pintu gerbangnya suatu negara maupun daerah. Sebab, dengan pelabuhan negara atau daerah yang bersangkutan kapal tersebut dapat memasuki wilayah terkait.

2. Berperan sebagai Interface

Sebagai interface atau penghubung. Di mana tempat pelabuhan tersebut memiliki semua fasilitas yang berkaitan untuk melakukan kegiatan pemindahan muatan barang dari angkutan laut ke angkutan yang ada di darat ataupun sebaliknya. 

3. Berperan sebagai Link

Sebagai link atau mata rantai, di mana pelabuhan berperan sebagai mata rantai dari suatu proses transportasi ataupun angkutan muatan yang berasal dari asal barang atau produsen untuk sampai ke wilayah di mana si penerima—konsumen barang berada.

5. Berperan sebagai Industrial Entity 

Terakhir peran penting yang dimiliki oleh pelabuhan adalah sebagai industrial entity atau kawasan industri. Di mana pelabuhan merupakan lingkungan kerja yang bersifat dinamis. Oleh karenanya penyediaan berbagai fasilitas pelabuhan perlu melakukan pengembangan termasuk di dalam sarana fasilitas industri, tak terkecuali industri yang berhubungan dengan perkapalan maupun transportasi laut.

Hal inilah yang membuat pelabuhan berperan vital di negara kepulauan, sebab ada banyak peran penting di dalamnya termasuk dalam pertumbuhan ekonomi. Demikianlah penjelasan perbedaannya.

Jika Anda seorang pengusaha bisnis yang melakukan ekspor maupun impor melalui pelabuhan, tentunya Anda membutuhkan jasa layanan kargo untuk memudahkan kegiatan tersebut secara praktis dan aman. Oleh sebab itulah Prima Cargo hadir untuk Anda. Klik tautan berikut untuk informasi selanjutnya primacargo.co.id cek juga sosial media kami di @primacargo.id.  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =