Produk Ekspor Pertanian Andalan Paling Laku dari Indonesia

Produk Ekspor Pertanian

Produk pertanian Indonesia kini sudah merambah pasar internasional. Hal ini membuktikan jika Indonesia mengalami kemajuan. Untuk jenis produk ekspor pertanian yang masuk kategori paling atas atau unggulan bisa jadi pilihan eksportir pemula jika ingin mencoba peluang usaha ekspor.

Meski dipandang sebagai profesi yang bagus dan menjanjikan tapi faktanya ekspor juga menjadi kegiatan yang penuh risiko. Belum lagi persaingan para eksportir yang semakin mengundang peminat di Indonesia.

Jika ingin memulai sebagai eksportir langkah awal yang ditentukan adalah jenis produknya. Untuk produk pertanian paling direkomendasikan adalah produk di bawah ini.

4 Jenis Produk Ekspor Pertanian Paling Menjanjikan

Agar tidak salah dan bisnis ekspor lebih menguntungkan di bawah ini akan diberikan beberapa produk ekspor pertanian. Berikut produk yang bisa dipilih:

1. Kopi

Masuk sebagai negara penghasil kopi terbaik di dunia, Indonesia sudah seharusnya memanfaatkan kopi sebagai sumber penghasilan. Berbagai daerah bahkan memiliki jenis kopi dengan keunggulan yang berbeda-beda.

Bisa dilihat fakta sekarang ada banyak kedai kopi yang menjamur di Indonesia. Dari data tahun 2018 Indonesia masuk kategori urutan keempat eksportir kopi paling besar dunia dengan kapasitas 660.000 ton tiap tahun.

2. Kacang-kacangan

Selanjutnya ada kacang-kacangan sebagai produk eksportir paling menjanjikan yang dijual di pasar Internasional. Untuk jenis kacangnya bisa kacang kupas atau kacang masih utuh dengan kulitnya.

Hampir di seluruh Indonesia secara merata menjadi penghasil kacang terbaik terutama untuk daerah Sumatera. Produsen utama lainnya adalah Jawa Timur, Bali dan juga Sulawesi. Tahun 2017 ekspor kacang Indonesia menghasilkan keuntungan tinggi. Peluang ini berlanjut hingga tahun 2022.

3. Kakao

Produk ekspor yang tak kalah populer adalah Kakao. Tanaman penghasil cokelat ini tumbuh hampir di semua pulau Indonesia namun dua yang paling besar adalah Sumatera dan Sulawesi. Pulau Sumatera menghasilkan 20% dan pulau Sulawesi 60%.

Sebagai negara nomor 3 penghasil Kakao terbesar dunia maka sangat wajar jika ekspor Kakao menjadi peluang bagus untuk para pengusaha yang mencoba untuk memulai sebagai eksportir.

4. Jagung

Meski kerap tidak terlalu jadi prioritas tapi data tahun 2018 ekspor jagung di Indonesia melonjak tajam. Volume ekspor jagung sangat tinggi untuk periode Januari sampai dengan Oktober nilainya sampai mencapai 73 juta US Dollar.

Negara lain mulai memanfaatkan jagung sebagai sumber pangan, inilah kenapa permintaan dari pasar internasional semakin tinggi. Bahkan, jagung juga diolah sebagai tepung contohnya saja maizena yang tersebar di pasaran saat ini.

Jika sudah memutuskan untuk menjadi eksportir maka langkah yang perlu diambil ialah mencari tahu bagaimana proses ekspor barang bisa sampai ke tujuan dengan aman. Pasalnya perdagangan internasional kerap kali memiliki peraturan baru.

Pengetahuan paling dasar yang harus dimiliki eksportir adalah memilih ekspedisi pengiriman barang yang tepat. Ada banyak ekspedisi internasional di Indonesia yang saat ini mulai menawarkan jasa dengan promo dan keuntungan tertentu.

Salah satunya adalah jasa pengiriman PT Prima International Cargo atau yang sering dikenal dengan nama Prima Cargo. Prima Cargo melayani berbagai pengiriman barang domestik hingga ke luar negeri dengan pilihan armada lengkap. Mulai dari jalur darat, laut hingga udara yang bisa Anda pilih jikaberencana melakukan produk ekspor pertanian. Untuk lebih detailnya bisa cek ke primacargo.co.id cek juga media sosial kami di @primacargo.id 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − three =