Produk Indonesia yang di Ekspor ke Jerman

Produk Indonesia yang di Ekspor ke Jerman

produk ekspor ke Jerman

Ekspor ke Jerman memang banyak dilakukan oleh Indonesia, termasuk untuk produk sandang hingga pangan. Sebab, sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak sekali produk yang berasal dari Indonesia mampu bersaing di pasar global, salah satunya Jerman. 

Produk Indonesia yang Di ekspor ke Jerman

Selain mengekspor beberapa produk ke Jerman, Indonesia juga mengirimkan produknya ke berbagai negara lain. Hal ini disebabkan karena banyak sekali sumber daya alam yang ada di Indonesia. Banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika Indonesia menjadi salah satu eksportir bagi beberapa negara, salah satunya adalah meningkatkan perekonomian sekaligus neraca perdagangan nasional. 

Nah, berikut ini adalah beberapa komoditi Indonesia yang diekspor ke Jerman.

  • Kopi

Tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, kopi juga bisa dijadikan sebagai produk untuk diekspor ke luar negeri, salah satunya adalah ekspor ke Jerman. Ekspor kopi ini bahkan bisa mencapai sekitar 2,7 miliar. Dari kegiatan ekspor tersebut, diketahui bahwa penghasil kopi terbesar yang ada di Indonesia adalah Aceh, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur. 

  • Minyak Sawit

Komoditi dari minyak sawit ini juga bisa bersaing dengan baik dalam urutan komoditi ekspor Indonesia ke Jerman. Banyak sekali daerah yang ada di Indonesia berperan sebagai pemasok minyak sawit untuk kemudian di ekspor ke Jerman. Daerah yang melakukan kegiatan ekspor ini diantaranya adalah provinsi di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan. 

  • Lada

Dari komoditi rempah-rempah, lada juga berhasil di ekspor ke Jerman. Ada tiga jenis lada yang sudah diimpor oleh Jerman, diantaranya adalah lada putih, lada abu-abu, dan campuran dari lada putih dan hitam. 

Daerah penghasil lada terbesar ada di Indonesia, yakni Sulawesi Utara. Sulawesi Utara ini bisa mengekspor lada sebanyak 3,6 ton. Selain itu, Sulawesi Utara juga telah menyumbang devisa bagi negara sebesar 45.360 USD. 

  • Pakaian Jadi

Jerman berhasil menempati urutan ketiga sebagai importir pakaian jadi dari Indonesia. Hal ini langsung membuat Indonesia mendapatkan nilai sebesar 372,6 juta USD dari ekspor pakaian ini. Ada banyak sekali daerah di Indonesia yang menjadi pemasok pakaian jadi, salah satunya adalah Jawa Barat. 

Di Jawa Barat sendiri banyak sekali dijumpai pabrik tekstil yang memproduksi pakaian jadi. Nantinya, pakaian jadi tersebut akan diekspor ke berbagai negara tujuan, salah satunya adalah Jerman. 

Dari beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa ada banyak sekali produk Indonesia yang mampu bersaing di luar negeri.

Bagi Anda yang ingin melakukan ekspor ke Jerman, maka bisa menggunakan jasa dari PT Prima International Cargo. PT Prima International Cargo ini merupakan salah satu perusahaan Freight Forwarding yang memiliki jaringan cukup luas di seluruh wilayah Indonesia dan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya. Cek layanan kami di primacargo.co.id cek juga sosial media kami di @primacargo.id.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + sixteen =